NEWS

0

Categories

  • Page Views 239

Komas Dukung Usaha Pertanian Pondok Modern Darul Falah Cimenteng

KOMAS.OR.ID, SUBANG – Komunitas Masyarakat Santri (KOMAS) berkomitmen mendukung usaha pertanian Pondok Modern Darul Falah, Cimenteng, Subang, Jawa Barat. Ketua Umum KOMAS, H Muhammad Faiq Hafidh menyatakan dukungannya terhadap penguatan ekonomi pesantren di Pondok Modern Darul Falah khususnya dalam program optimalisasi pengolahan hasil pertanian.

“Pesantren diharapkan menjadi katalisator dan penggerak bagi pengembangan ekonomi masyarakat sekitar,” kata Faiq di sela acara kuliah umum dengan tema Wakaf dan Shodaqoh sebagai gaya hidup di Pondok Modern Darul Falah Cimenteng Subang, Kamis 29 Oktober 2020.

Pondok Modern Darul Falah Cimenteng mempunyai 3 pilar penting dalam eksistensinya. Yaitu sebagai pusat pendidikan, pusat ekonomi, dan pusat dakwah.

Potensi ekonomi lokal di sekitar pesantren yang dapat dioptimalisasi adalah hasil-hasil pertanian seperti jahe, lengkuas, kunyit, kencur dan hasil pertanian lainnya.

Lahan yang tersedia, baik milik perorangan maupun perhutani cukup luas bisa digarap. Selama ini masyarakat masih belum serius dan optimal menggarap potensi ini karena beberapa kendala. Seperti sulitnya penjualan hasil pertanian secara langsung, fluktuasi harga di pasaran yang terkadang di bawah modal tanam dan biaya operasional. Lalu kondisi produk hasil pertanian yang tidak tahan lama sehingga berpotensi busuk atau tidak terjual.

Pimpinan Pondok Modern Darul Falah Cimenteng, Kyai Komaruddin menyampaikan rasa syukurnya atas komitmen dari Ketua Umum KOMAS ini. Karena dukungan ini sangat membantu kemandirian pesantren.
“Dukungan ini bisa menutup kekurangan biaya-biaya operasional pesantren, yang tidak mungkin dibebankan kepada para santri yang notabene berasal dari kalangan ekonomi lemah,” ujar beliau.

Share This Article

Next Story »

Pondok Pesantren Tidar, Mutiara Pendidikan dari Magelang

One Comment

  1. Alfi
    October 30, 2020

    MasyaAllah…
    Santri menggeluti bidang Pertanian merupakan kabar yg menggembirakan. Mudah2an menjadi sayyidul bilad yang mampu berbudi pada tanah. Amien.

    Reply

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *