NEWS

0
  • Page Views 29

Wakaf dan Shodaqoh Sebagai Gaya Hidup

Kuliah Umum H Muhammad Faiq Hafidh di Pondok Modern Darul Falah Cimenteng Subang

Pondok Modern Darul Falah Cimenteng Subang adalah Pondok Wakaf. Banyak Instrumen Wakaf yang diterapkan di pesantren yang baru dirintis dalam beberapa tahun belakangan ini. Mulai dari perluasan tanah pondok, pembangunan sarana prasarana termasuk Mesjid yang saat ini sedang dalam proses pembangunan, penguatan ekonomi pondok dengan mendirikan unit-unit bisnis baik di dalam maupun luar pondok, wakaf profesi seperti pengurusan legalitas pondok oleh notaris, gambar bangunan oleh arsitek, pembinaan skill dan wawasan santri yang melibatkan berbagai kalangan profesional lainnya. Semuanya dalam satu nafas yakni Wakaf.

Dalam rangka penguatan mindset tentang wakaf yang dijalankan pondok, khususnya bagi para santri yang kelak menjadi generasi penerus dalam berbagai bidang kehidupan, Pondok Modern Darul Falah Cimenteng menggelar Kuliah Umum dengan tema Wakaf dan Shodaqoh sebagai gaya hidup, Kamis 29 Oktober 2020.

Ust H Muhammad Faiq Hafidh bersama jelas H Agus Maulana beserta pengurus pesantren Darul Falah Cimenteng berfoto dalam acara kuliah umum

Ketua Umum Komunitas Santri (KOMAS) Ust H Muhammad Faiq Hafidh, didaulat menjadi narasumber dalam acara ini. “Kami ingin menggali, belajar dan mengambil hikmah, langsung dari pelaku yang selama ini kami jadikan acuan, seorang santri lulusan pesantren, seorang pengusaha sukses yang menjadikan wakaf dan shodaqoh sebagai bagian penting dalam perjalanan hidupnya” jelas H Agus Maulana, Ketua Dewan Pembina Yayasan Pesantren Darul Falah Cimenteng.

Dalam pemaparannya, Ustadz Faiq menyampaikan ada 2 kunci utama dalam meraih kesuksesan bisnis. Pertama, Amanah. Kedua Profesional. Amanah merupakan pondasi dan modal utama. Kesuksesan sejati hanya bisa digapai dengan prinsip ini.

Kalaupun ada yang sukses tapi tidak menjalankan prinsip amanah, tinggal menunggu waktu saja akan kehancuran atau kejatuhannya. Sementara prinsip profesional akan menjadikan bisnis kita terus update, mengikuti kebutuhan pasar dan kemajuan zaman. Profesionalitas meliputi berbagai aspek seperti pengelolaan, pelayanan dan penguatan produk.

Keberhasilan kita dalam berbisnis, lanjut Ustadz Faiq, harus diarahkan seluas luasnya untuk menebar manfaat untuk ummat. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk manusia lainnya. Pebisnis sukses harus yakin Ketika melakukan kebaikan, baik dengan membantu sesama,  berzakat, infaq shodaqoh, ataupun wakaf.

Tidak ada rasa khawatir Ketika kita banyak memberi atau mengeluarkan rezeki yang kita dapatkan. Ini memang tidak mudah. Tapi perlu terus dilatih dan dibiasakan. Sehingga wakaf dan shodaqoh bisa menjadi gaya hidup kita.

Share This Article

Perkuat Program Ekonomi Keumatan, Komas konsolidasi di Museum Jenang Mubarok Kudus

One Comment

  1. Muhammad Irzal
    October 30, 2020

    Barakallah…. bergerak dan bergerak untuk umat

    Reply

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *